Selasa, 06 April 2010

Kabupaten Pacitan


Pacitan merupakan kabupaten tempat kelahiran Presiden Susilo Bambang Yudhoyono. Kabupaten ini terletak di ujung Barat Daya Propinsi Jawa Timur. Wilayahnya di sebelah Utara berbatasan dengan Kabupaten Ponorogo, di sebelah Timur dengan Kabupaten Trenggalek, di sebelah Selatan dengan Samudra Hindia, dan di sebelah Barat dengan Kabupaten Wonogiri Propinsi Jawa Tengah.

Distribusi tiga sektor dominan dalam PDRB Kabupaten Pacitan tahun 2005 adalah sektor pertanian, sektor jasa-jasa, dan sektor perdagangan, hotel dan restoran dengan kontribusi mencapai lebih dari 68 persen. 

Produksi pertanian tanaman bahan makanan komoditas padi sawah mengalami peningkatan disebabkan luas panen yang meningkat, sedangkan peningkatan produksi padi ladang disebabkan meningkatnya produktivitas. Tiga kecamatan bisa dijadikan klaster padi sawah yaitu Pacitan, Kebonagung, Tulakan. Klaster padi ladang dapat mencakup dua kecamatan yaitu Donorejo dan Pringkuku. 

Meskipun produksinya masih tinggi, jenis tanaman palawija umumnya cenderung mengalami penurunan produksi akibat faktor luas panen dan produktivitas yang menurun. Klaster tanaman palawija untuk komoditas jagung bisa dibangun di Kecamatan Donorojo dan Bandar; klaster tanaman ubi kayu di Kecamatan Punung, Nawangan, Tegalombo, Tulakan; klaster kacang tanah di Kecamatan Donorojo dan Punung. 

Tanaman sayuran dan buah-buahan secara umum juga cenderung mengalami penurunan produksi dan luas panen. Produk buah-buahan unggulan adalah mangga, pisang, nangka, dan melinjo. Kecamatan Pacitan merupakan sentra produksi mangga. Selain itu, Kecamatan Pacitan dan Nawangan bisa menjadi klaster pisang, dan Kecamatan Tegalombo dan Tulakan bisa menjadi klaster nangka. Dan komoditi melinjo dapat dibentuk klaster di Kecamatan Tegalombo dan Sudimoro. 

Produksi tanaman perkebunan rakyat umumnya mengalami kenaikan hingga bisa menaikkan pendapatan petani. Luas panen kelapa bertambah sehingga terjadi penambahan produksi kelapa dan gula merah. Kecamatan Pacitan, Kebonagung, dan Tulakan bisa dijadikan klaster tanaman kelapa, sedangkan klaster produksi gula merah dapat dibentuk di Kecamatan Donorejo dan Kebonagung. Tanaman cengkeh menghasilkan produksi berupa bunga kering, daun kering, dan minyak cengkeh. Klaster cengkeh bisa dilakukan untuk Kecamatan Nawangan, Tulakan, Ngadirojo, dan Sudimoro. 

Perkembangan populasi ternak besar dan kecil umumnya mengalami kenaikan baik Kuda, Sapi, Kerbau, Kambing, Domba, dan Kelinci. Klaster ternak Sapi bisa dibentuk di Kecamatan Punung dan Tulakan. Klaster ternak Kambing dan Domba bisa dilakukan di Kecamatan Nawangan dan Tegalombo. Klaster ternak unggas bisa mencakup beberapa kecamatan, yaitu Kecamatan Donorojo dan Pacitan untuk Ayam Kampung; Kecamatan Donorojo dan Pringkuku untuk Ayam Ras; serta Kecamatan Pacitan, Arjosari, dan Banjar untuk ternak Itik. 

Pada subsektor perdagangan terjadi konsentrasi kegiatan niaga di Kecamatan Pacitan. Kecamatan ini sangat mencolok dalam jumlah penerbitan Surat Ijin Usaha Perdagangan (SIUP) dan Tanda Daftar Perusahaan (TDP) sebagai catatan resmi aktivitas perdagangan. 


Sumber:
http://www.cps-sss.org/web/home/kabupaten/kab/Kabupaten+Pacitan

Sumber Gambar:
http://adrenaline.ucsd.edu/HybridEnvironments/indonesia_trip/links/eastjava/pkab-pacitan.gif

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar