Selasa, 06 April 2010

Profil Kabupaten Pacitan


Kabupaten Pacitan secara geografis terletak antara 110 55 - 111 25 Bujur timur dan 7 55 - 8 17 Lintang Selatan. Wilayah Kabupaten Pacitan di sebelah utara berbatasan dengan Kabupaten Ponorogo, sebelah timur berbatasan dengan Kabupaten Trenggalek sedangkan sebelah barat berbatasan dengan Provinsi Jawa Tengah dan sebelah selatan berbatasan dengan Samudra Hindia. Luas wilayah Kabupaten Pacitan 1.342,42 Km2 yang terbagi menjadi dua belas kecamatan dengan Pacitan sebagai ibukota dari Kabupaten Pacitan. 

Komoditas pertanian seperti singkong, kelapa, cengkeh, dan jahe yang bisa tumbuh subur diwilayah ini, mengingat kondisi tanahnya yang gersang.

Komoditas perkebunan unggulan yang dikembangkan di kabupaten ini antara lain kelapa, cengkeh, kakao dan kopi. Sentra perkebunan kelapa berada di kecamatan Tulakan, Pacitan, Kebonagung. Selain diproduksi dalam bentuk butiran, kelapa juga diolah menjadi gula kelapa, minyak kelapa dan kopra. Disamping kelapa, cengkeh menjadi penyumbang nomor dua dari subsektor perkebunan. Beberapa daerah yang memproduksi cengkeh dalam skala besar terdapat di kecamatan Nawangan, Tulakan, Kebonangun, dan Ngadirojo. Hampir seluruh bagian tanaman rempah-rempah ini dapat dimanfaatkan. Selain bunga kering, daun cengkehnya dapat dimanfaatkan untuk minyak cengkeh. Industri kimia membutuhkan daun cengkeh ini untuk bahan baku pembuatan vanilin dan parfum. Perusahaan farmasi dan kecantikan memanfaatkan minyak ini sebagai bahan campuran produknya. Kayu cengkeh dari pohon yang mati dapat digunakan untuk kamper. Industri penyulingan minyak cengkeh dapat ditemui di Kecamatan Tulakan, bandar, Sudiromo, Ngadirojo dan Arjosari.


Di sektor pariwisata alam, Kabupaten Pacitan juga memiliki potensi yang bisa dikembangkan. Pacitan memiliki Pantai Klayar yang masih perawan, Gua Gong, juga gua tabuhan. Di sektor pertambangan , pacitan mempunyai areal 33 jenis bahan tambang mulai dari marmer, bentofit, hingga pasir kuarsa.


Sumber Data: 
Jawa Timur Dalam Angka 2007
(01-9-2007)
BPS Propinsi Jawa Timur
Jl. Raya Kendangsari Industri 43-44, Surabaya
Telp (031) 8438873
Fax (031) 8494007



Sumber :

http://regionalinvestment.com/sipid/id/displayprofil.php?ia=3501


Sumber Gambar:

http://mazzwie.files.wordpress.com/2008/05/teleng-ria.jpg

Tidak ada komentar:

Posting Komentar